Friend's Link

online counter The WWW Observer

Sabtu, 07 Agustus 2010

Feed,RSS dan XML

Posted by much''pedia 20.08, under | No comments

RSS singkatan dari Rich Site Summary atau ringkasan dan bentuk sederhana dari sebuah situs. Kalau di situs, selain isi kita juga dapat melihat gambar dg segala warna warninya, sedang RSS hanya mengandung isi/dokumen dari sebuah situs.

a. Fungsi RSS Feed

Jadi apa gunanya RSS Feed? Guna dari RSS Feed adalah untuk tujuan sindikasi kandungan situs, berita yang ada di situs/blog, dll.

Sindikasi di sini maksudnya, sebuah situs yg memiliki RSS Feed dapat kita baca isinya tanpa harus datang ke website tsb. Contoh, untuk membaca CNN.com, kita tidak perlu datang ke situs tersebut, tapi cukup dg berlangganan RSS Feed CNN yg dapat kita taruh di situs lain yg menyediakan layanan RSS Feed aggregator atau RSS Feed Reader secara gratis. Di RSS Aggregator atau Reader ini bisa kita kumpulkan seluruh RSS Feed situs terkenal dan kita dapat membaca semuanya dalam satu halaman. Misalnya, Anda dapat membaca CNN, BBC, DETIK, Media Indonesia dari http://my.yahoo.com saja. Caranya? Silahkan baca pelan-pelan penjelasan berikut.

b. RSS FEED AGGREGATOR atau READER

Pemberi layanan gratis RSS Feed aggregator atau Reader yg terkenal ada dua yaitu Yahoo! di http://my.yahoo.com dan Google di http://reader.google.com .

c. YAHOO! RSS Aggregator

1. Buka http://my.yahoo.com dg id & password yahoo email Anda.
2. Klik 'Continue to My Yahoo!'
3. Ada dua kolom kiri dan kanan. Semua kolom tsb. bisa Anda delete dg mengklik tanda 'x' atau kalau suka dibiarkan saja.
4. Lihat di bagian paling bawah ada menu 'Add Content' --> klik
5. Di sebelah kanan kotak 'Find Content' ada menu 'Add RSS by URL' --> klik
6. Masukkan RSS Feed dari koran Media Indonesia berikut di kotak yg tersedia:
http://www.mediaindo.co.id/promo/rss.asp
7. Klik 'Add'
8. Klik 'Add to My Yahoo' (warna kuning).
9. Selesai.

Apabila Anda ingin menambah RSS feed dari koran atau media lain Anda cukup lakukan hal serupa secara berulang-ulang. Sayangnya, masih sedikit media di Indonesia yg situsnya memiliki RSS Feed. Untuk media barat dan India, hampir semua sudah menyediakannya.

d. RSS Feed Blog

Hampir semua blog gratis memiliki RSS Feed. Untuk blogspot, alamatnya berakhiran dg atom.xml. Contoh, blog saya http://wynwira-business.blogspot.com, maka RSS Feed blog saya tsb adalah http://wynwira-business.com/atom.xml

e. Cara Meng-copy RSS/xml FEED

Cara meng-copy RSS Feed sangat mudah. Arahkan mouse pada RSS atau XML Feed sebuah situs, umpama di CNN.COM. Klik kanan dan copy shortcut -> klik. Terus paste-kan ke My Yahoo! seperti proses di atas. Selesai.

Jadi, apabila dalam My Yahoo Anda berlangganan dg 5 (lima) RSS Feed, umpama dg CNN, THE HINDU, THE TIMES OF INDIA, BBC, NEW YORK TIMES, maka Anda akan dapat membaca semuanya cukup dari My Yahoo Anda, tanpa harus mendatangi satu-persatu kelima website tsb.

0 komentar:

Posting Komentar